Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair

Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair - Hallo sahabat Berita Seputar Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bekasi, Artikel gaji asn, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair
link : Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair

Baca juga


Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair

Sudah empat bulan, uang tunjangan kinerja (tungkir) ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi belum terbayarkan. Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TPAD) berkelit sambil mengatakan bila pencairan dana tungkir  masih menunggu penghitungan di masing-masing dinas.

”Karena uang tungkir itu harus dihitung sesuai dengan empat poin yang sudah ada dalam aturannya. Jadi tidak bisa langsung dicairkan begitu saja,” terang Wakil Ketua TAPD Kota Bekasi, Dadang Hidayat, kemarin (6/4). Dia menambahkan, empat poin yang menjadi acuan pembayaran uang tungkir adalah beban kerja, tempat kerja, resiko kerja, dan kelangkaan kerja.

Keempatnya dinilai langsung oleh tim gabungan dari bagian organisasi, bagian hukum dan Kementerian Aparatur Negara. ”Makanya jumlahnya uang tungkir pun berbeda-beda setiap PNS,” katanya. Saat ditanya berapa besaran uang tungkir? Dadang mengatakan bervariasi.

Ada yang Rp 720 ribu sebulan untuk katagori staf, dan ada juga yang mencapai Rp 6 juta untu kkatagori jabatan eselon II. Meski begitu, untuk pekerjaan yang masuk dalam empat katagori itu nilainya yang besar. ”Karena akan disesuaikan dengan tingkat resiko dan beban kerja,” paparnya.

Lokasi kerja yang jauh, kata Dadang juga, menjadi bagian penilaian prioritas pencairan anggaran tungkir. Sebab, jarak menjadi penilaian pegawai bisa masuk jam kerja. Termasuk  beban kerja yang dilakukan para pegawai. Salah satunya, mereka yang memiliki beban kerja berat di antara rekannya.

”Penilaiannya sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya. Meski begitu, kata Dadang, seluruh dana tungkir itu akan dicairkan bila mana penilaiannya sudah selesai. Adapun pencairan itu akan dilakukan dengan mekanisme yang dirapel. Biasanya, katanya juga, uang tungkir dibayarkan setiap satu bulan sekali kepada 13 ribu PNS di lingkungan Pemkot Bekasi.

”Biasanya memang satu bulan sekali, tapi karena sekarang belum cair, makanya pembayarannya akan dirapel,” ujarnya. Lebih jauh  dijelaskan Dadang, seluruh uang Tungkir akan dibayarkan melalui APBD 2017. Semuanya dianggarkan dalam belanja langsung. ”Sekarang penyerapan anggaran masih didominasi anggaran belanja langsung seperti gaji pegawai,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi III, DPRD Kota Bekasi, Ahmad Ustuchri mengatakan lambatnnya pencairan anggaran untuk pegawai akan berdampak terhadap kinerja. Sebab, selama ini PNS selalu membiasakan dirinya bekerja dengan menyesuaikan dengan bayaran.

”Misalkan gini, kalau gajinya telat pasti semangat kinerjanya diturunkan, dengan alasan bayarannya belum ada. Mindset itu yang musti diubah agar kinerja PNS Kota Bekasi menjadi lebih baik,” ujarnya. Ustuchri, mengaku eksekutif harus lebih ekstra melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah kantor pemerintahan agar tahu kinerja PNS.

Tapi dia meminta keterlambatan pembayaran tungkir tidak memperburuk pelayanan di instansi kelurahan maupun kecamatan. ”Harus ada kegiatan sidak untuk memperketat pengawasan kinerja PNS. Terutama yang bidangnya melayani masyarakat langsung,” tandasnya.indopos


Demikianlah Artikel Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair

Sekianlah artikel Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Empat Bulan Uang Tunjangan Kinerja PNS Pemkot Bekasi Tak Cair dengan alamat link https://portalberitatv.blogspot.com/2017/04/empat-bulan-uang-tunjangan-kinerja-pns.html