Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju

Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju - Hallo sahabat Berita Seputar Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju
link : Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju

Baca juga


Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju

BERITAPNS.COM-Pendidikan-Jepang adalah negara maju yang sangat peduli dengan sistem pendidikan dinegaranya, cara Pemerintah memandang Profesi Guru harus ditiru di negara kita.

Jepang menilai guru sebagai profesi yang sangat penting dan berharga karena bertugas mendidik anak bangsa. Di sana,profesi guru sudah tertata dengan baik. Indonesia dinilai perlu mencontoh Jepang dalam memandang profesi guru.

Di Jepang yang mengajar anak-anak SD bukan lulusan S1 tapi doktor. Ini menunjukkan mereka sangat serius menganggap profesi guru dan mereka sadar pendidikan dini itu sangat penting karena pertumbuhan otak anak terjadi antara usia antara 0 sampai 10 tahun.


Doktor mengajar anak-anak SD juga menunjukkan bahwa guru sudah menjadi profesi yang serius makanya harus profesional. Di sana guru sudah seperti profesi dokter atau pengacara, artinya orang yang sangat ahli dan kompeten di bidangnya. 

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, ini jauh berbeda dengan di Indonesia. Umumnya, kata dia di Indonesia orang mau jadi guru jika tak diterima menjadi PNS atau kerja di bank. 

"Ibaratnya di Indonesia orang mau jadi guru daripada nganggur. Padahal seharusnya jadi guru itu bukan pekerjaan alternatif karena harus dilakukan oleh orang profesional," kata Ferdiansyah.


Menjadi guru itu tak sekadar mengajar. Seorang guru harus menguasai pedagogik makanya pendidikannya harus keguruan, tidak seperti saat ini siapa saja bisa jadi guru tak peduli lulusan fakultas apa.

Ferdiansyah mengatakan harus ada kepastian jenjang karirnya. Selain itu juga harus ada konsep pengembangan karir guru yang jelas.Dengan adanya jenjang karir guru maka nanti ada kategori guru. Misalnya guru kelas a, b, c, d, e, dan f. 

"Kelas ini berkaitan dengan kesejahteraan guru. Tidak seperti sekarang, guru mau rajin, guru mau malas tunjangan profesinya sama Rp 2 juta padahal harus dibedakan sesuai dengan kualitasnya." kata Ferdiansyah.

Sumber:Sekolahdasar.net


Demikianlah Artikel Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju

Sekianlah artikel Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Jepang Memandang Profesi Guru yang Harus Ditiru Indonesia Jika Ingin Pendidikan Maju dengan alamat link https://portalberitatv.blogspot.com/2016/12/cara-jepang-memandang-profesi-guru-yang.html